Perkembangan era digital menyebabkan teknologi berubah dengan pesat. Internet, telepon genggam, media, adalah teknologi yang berubah dengan cepat menjadi teknologi informasi modern untuk bersosialisasi yang bernama media sosial.
Media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jenis media sosial sendiri juga bervariasi sesuai dengan penggunaannya.
Dari awal mula yang sederhana hingga jaringan global yang kompleks, perkembangan media sosial telah mengalami perjalanan menarik yang mencerminkan perkembangan teknologi dan dinamika sosial.
Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, mengubah cara manusia berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi informasi. Hingga pada akhirnya evolusi media sosial juga merubah ekonomi digital dengan menjadi platform yang sangat efektif untuk berjualan.
Interaksi yang terjadi melalui sosial media tidak lagi satu arah seperti media publikasi konvensional. Kini pengguna media sosial bisa melakukan interaksi dua arah tanpa halangan. Baik itu melalui menyukai postingan, komentar, hingga pembicaraan melalui layanan pesan yang ada di media sosial. Alhasil setiap orang bisa semakin kritis terhadap setiap informasi yang diberikan.
Potensi media sosial yang besar di Indonesia sendiri membuat bisnis memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran. Pengguna media sosial di Indonesia sendiri menembus jumlah 167 juta pengguna aktif dari berbagai platform.
Dengan hadirnya bisnis di sosial media, penyedia sosial media pun mendapatkan keuntungan dan kemampuan untuk terus berinovasi mengembangkan sosial media agar terus relevan dengan kebutuhan bisnis. Jelas, ini adalah relasi yang saling menguntungkan.
Perilaku seperti ini uniknya juga mengubah cara kerja pemasaran. Masyarakat yang berinteraksi di media sosial adalah wadah arus lalu lintas yang besar.
Adanya media sosial membawa dampak bagi dua pihak, yaitu bisnis dan pelanggan. Bukan hanya digunakan sebagai informasi bisnis semata, namun media sosial dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas dan calon pelanggan, baik lokal hingga internasional.
Media sosial dapat menghasilkan data penting tentang pelanggan, seperti umpan balik dan kebutuhan pelanggan. Sikap cepat tanggap serta informatif dapat membantu bisnis dalam membangun reputasi yang baik di mata konsumen.
Membangun interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan di media sosial juga dapat membangun hubungan yang positif dan kepercayaan terhadap bisnis, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Selain dampak di atas, ternyata media sosial juga mengalami pergeseran, bukan hanya sebagai media informasi saja, namun menjadi tempat dalam transaksi jual beli.
Media Sosial untuk Transaksi Jual Beli
E-commerce atau perdagangan online, baik itu barang dan jasa yang selama ini diketahui memiliki platform tersendiri seperti marketplace, website, dan dalam bentuk aplikasi, mulai berevolusi menggunakan media sosial sebagai tempat jualan.
Social commerce adalah pergeseran bagaimana bisnis memasarkan sekaligus menjual barang atau jasa serta bagaimana konsumen membeli secara online dalam satu wadah media sosial. Bagaimana media sosial dapat menerima pembayaran dari konsumen dengan mudah, aman, dan cepat.
Dengan memanfaatkan media sosial untuk kegiatan e-commerce, bukan hanya sebagai alat promosi dan pemasaran saja namun juga bisa terima pembayaran online yang gampang.
Tanpa perlu integrasi yang ribet, pelaku bisnis dapat dengan mudah terima pembayaran online yang telah disediakan oleh payment gateway.
Cara kerjanya juga mudah, cukup pasang produk atau jasa yang dimiliki dan pasang di media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dll. Berikan link pembayaran sesuai produk dan terima pembayaran instan dengan mudah.
Media sosial yang kamu gunakan harus tepat karena memiliki target pasar tersendiri. Lalu bagaimana langkah-langkah berjualan di media sosial dan terima pembayaran mudah? Ikuti tips berikut.
3 Langkah Berjualan di Media Sosial
Penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk berjualan di media sosial agar pelaku bisnis tidak salah langkah dan strategi.
1. Pilih platform yang tepat sesuai bisnis
Ada banyak platform media sosial yang dapat digunakan, namun ada baiknya kamu pilih yang sesuai karena memiliki karakteristik dan demografi pengguna yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memilih platform yang paling sesuai dengan target pasar bisnis.
Facebook, platform media sosial ini menjadi pilihan yang baik untuk menjangkau berbagai kalangan. Kamu dapat menggunakan grup, halaman bisnis, dan Facebook Marketplace untuk menawarkan produk atau jasa.
Instagram, sangat efektif untuk bisnis yang menjual produk fashion, kosmetik, makanan, gaya hidup, atau produk digital. Konten yang dipasang dibuat semenarik mungkin dengan deskripsi yang jelas.
TikTok, media sosial ini populer di kalangan generasi muda, dapat digunakan untuk berjualan melalui video kreatif. Konten yang menarik dapat menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk melakukan pembelian.
X atau Twitter, efektif untuk membangun brand awareness dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Banyak produk fashion, kecantikan, ditawarkan melalui Twitter.
Threads, media sosial ini cocok untuk berjualan produk-produk digital dan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Dari lima jenis media sosial di atas, kamu dapat memanfaatkan payment link yang bisa diperoleh dari payment gateway Winpay, yang didalamnya sudah terintegrasi dengan pembayaran online yang aman. Gunakan payment link untuk terima pembayaran yang dapat dipasang di postingan, pesan chat melalui WhatsApp atau platfom lain, atau dapat juga dipasang di website.
Perlu diwaspadai juga bagi konsumen atau pelanggan yang hendak membeli barang atau jasa untuk berhati-hati terhadap segala modus penipuan online yang banyak beredar.
Cari tahu terlebih dahulu kebenaran dari bisnis atau produk dan jasa yang ditawarkan. Jangan hanya karena tergiur harga murah atau promo-promo, konsumen menjadi korban penipuan.
2. Bangun konten yang menarik
Setelah memilih platform yang tepat seperti di atas, langkah berikutnya adalah menciptakan konten yang menarik dan relevan. Konten yang baik dapat menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi. Bahkan, konten yang tepat dapat menciptakan konversi.
Gunakan visual yang baik melalui foto dan video yang berkualitas tinggi dapat membuat produk kamu terlihat lebih menarik.
Buat cerita yang menarik di balik produk atau brand bisnis. Hal ini dapat menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Bagikan pengalaman, nilai, dan misi bisnis untuk menarik perhatian pelanggan.
Lakukan interaksi dengan konsumen agar tercipta konversi. Semakin banyak interaksi, semakin tinggi kemungkinan orang melihat dan membeli produk yang ditawarkan.
3. Tawarkan pembayaran online yang mudah
Pembayaran menjadi faktor penting dalam konversi bisnis. 68% lebih konversi terjadi karena checkout yang mudah dengan metode pembayaran beragam.
Tawarkan berbagai metode pembayaran online, seperti QRIS, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit. Memenuhi preferensi beragam pelanggan akan memperbesar peluang penjualan serta memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan.
Pastikan bahwa sistem pembayaran dalam bisnis kamu menggunakan teknologi enkripsi yang memadai untuk melindungi data pelanggan.
Bagaimana Terima Pembayaran Online di Media Sosial
Mendapatkan pembayaran online dengan berbagai channel pembayaran dapat melalui perusahaan payment gateway sebagai penyedia gerbang pembayaran yang sudah terintegrasi dengan bank dan juga lembaga keuangan lainnya.
Winpay adalah solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara merchant dan pelanggan baik secara online maupun offline dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.
Winpay menyediakan berbagai jenis pembayaran online dan offline, seperti QRIS, dompet elektronik atau e-wallet, virtual account bank, atau kartu kredit. Bahkan, pembayaran offline melalui jaringan retail modern juga ada.
Berbagai metode pembayaran online dan offline dari Winpay dapat diintegrasikan ke dalam sistem atau platform yang kamu gunakan seperti website, aplikasi, atau tanpa integrasi sekalipun menggunakan aplikasi Winpay dengan fitur payment link dan invoice yang cocok terima uang darimana saja.
Mengapa Winpay?
Winpay memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai payment gateway dan penyedia jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia. Selain itu, Winpay menggunakan teknologi keamanan terkini sehingga data-data transaksi aman dan tepercaya. Hubungi Winpay sekarang untuk mendapatkan metode pembayaran online dan offline untuk bisnis dan terima uang dengan mudah.