5 Resep Camilan Olahan Pisang yang Kekinian dan Menggugah Selera

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021

Salah besar, jika Anda hanya beranggapan bahwa pisang Cavendish atau jenis pisang lainnya merupakan buah yang sederhana. Pasalnya, buah ini menjadi sumber nutrisi yang paling lengkap. Mulai dari karbohidrat, serat, kalium, kalsium, hingga vitamin B kompleks dan C.

Meski demikian, mengkonsumsi buah pisang secara langsung memang kurang populer dan membosankan. Nah, untuk meningkatkan selera makan, berikut ini beberapa resep camilan dari buah pisang yang bisa Anda bikin sendiri di rumah.

  1. Banana Spring Roll

Menggunakan bahan yang seadanya, Anda sudah bisa menjadikan olahan makanan dari pisang ala menu di kafe-kafe. Salah satunya adalah Banana Spring Roll, makanan yang memadukan kulit lumpia yang renyah dengan manis dan gurihnya pisang yang menjadi isiannya.

Untuk cara membuatnya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya, seperti kulit lumpia, pisang Raja atau Kepok, telur, minyak goreng dan juga susu kental manis atau selai coklat. Anda juga bisa menambahkan keju parut maupun es krim.

Untuk membuatnya sendiri, letakkan pisang yang sudah dikupas dan dibelah dua ke ujung bawah kulit lumpia. Kemudian, taburkan susu kental manis di atas potongan pisang dan gulung kulit lumpia tersebut.

Agar tidak mudah lepas, rekatkan ujung kulit lumpia dengan sapuan telur kocok. Baru kemudian goreng dengan minyak panas hingga warnanya coklat keemasan. Banana Spring Roll sudah siap dihidangkan.

  1. Calzone

Jika Anda berpikiran, calzone hanya bisa dibuat menggunakan bahan isian seperti pepperoni, daging asap dan juga keju. Anda salah besar. Nyatanya, pizza lipat khas Italia ini bisa dibuat dengan isian pisang dan juga selai.

Untuk membuatnya sendiri sama halnya dengan membuat pizza lipat pada umumnya. Anda memerlukan oven untuk memanggang adonan calzone tersebut. Adapun bahan yang perlu Anda siapkan adalah adonan pizza, selai, pisang Cavendish dan juga butter.

  1. Banana Pancake

Mengingat nutrisi lengkap yang ada dalam buah pisang. Olahan dari pisang ternyata juga bagus untuk menu sarapan orang diet. Nah, salah satu makanan yang bisa Anda buat untuk sarapan adalah Banana Pancake.

Untuk cara membuatnya sendiri, sama seperti dengan cara membuat pancake pada umumnya. Bedanya, ada tambahan bahan pisang matang yang harus dicampurkan saat membuat adonan pancake.

  1. Banana Strawberry Smoothies

Menu olahan pisang yang menyehatkan berikutnya adalah Smoothies. Selain mengenyangkan, pisang juga menyegarkan. Sehingga cocok juga diolah menjadi minuman, seperti smoothies.

Untuk membuatnya, campurkan semua bahan, mulai dari strawberry, pisang cavendish, susu low-fat, yogurt dan juga madu ke dalam blender. Jika Anda juga dingin, tambahkan es batu, kemudian blender hingga halus.

  1. Frozen Banana Yogurt Popsicle

Buat Anda yang menyukai olahan makanan yang dingin dan menyehatkan. Frozen Banana Yogurt Popsicle bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab olahan es krim popsicle ini sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu menghaluskan yogurt dan pisang, kemudian masukkan kedalam cetakan es krim.

Sebagai varian agar lebih unik, Anda bisa memadukan dengan strawberry yang sudah direbus bersamaan dengan madu ke atas adonan yogurt dan pisang. Selanjutnya, masukkan stik es krim dan simpan ke lemari pendingin selama 6 jam, hingga adonan membeku.

Itu dia kelima resep camilan dari bahan pisang Cavendish yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Nah, buat Anda yang bingung dimana mencari buah-buahan yang segar. TaniHub bisa menjadi pilihan terbaik. Sebab, semua produk yang ditawarkan masih segar dengan kualitas terbaik.