Perjalanan paling menyenangkan di dunia adalah traveling. Bagi seorang yang hobi melakukan perjalanan, traveling menjadi sebuah aktivitas yang harus dilakukan. Rencana perjalanan hingga tiket kereta online juga telah disiapkan sejak jauh-jauh hari. Namun apa jadinya jika ternyata rencana perjalanan Anda harus diundur? Tidak perlu panik karena sekarang ini perubahan jadwal tiket kereta api sangat mungkin dilakukan. Hanya saja Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini, sehingga perubahan jadwal tidak membuat Anda mengalami kerugian lebih besar.

Perubahan jadwal keberangkatan dapat dilakukan pada kereta api yang sama

Pemesanan tiket kereta dapat dilakukan dengan banyak cara. PT KAI sendiri memberikan alternatif cara pemesanan baik melalui online atau loket di stasiun. Jika pemesanan tiket kereta ini dilakukan secara online, PT KAI juga telah memberikan catatan beberapa tempat yang menyediakan tiket kereta online. Selain website resmi PT KAI, ada juga beberapa mitra dari mulai reservasi tiket kereta, supermarket dan masih banyak lagi.

Dari pemesanan tiket online ini, perubahan jadwal keberangkatan memungkinkan dilakukan dengan beberapa catatan. Salah satunya adalah bahwa jadwal keberangkatan dapat diubah pada jenis kereta yang sama. Artinya jika sebelumnya Anda memesan tiket kereta api semisal Argo Lawu, maka perubahan jadwal juga dapat tetap menggunakan kereta yang sama. Hanya saja Anda perlu mengubah jadwal menjadi hari yang berbeda sesuai kebutuhan.

Perubahan jadwal keberangkatan mungkin dilakukan pada kereta berbeda

Untuk kebutuhan tiket kereta pada hari-hari liburan atau lebaran peak season, persaingan untuk mendapatkannya akan lebih ketat. Demi satu tiket keberangkatan, Anda harus berebutan dengan banyak penumpang yang lain. Bahkan Anda harus rela mengganti jadwal demi kebutuhan mendapat tiket kereta. Setelah mendapatkan tiket kereta, bisa jadi Anda menginginkan adanya perubahan jadwal mengingat kegiatan yang diundur atau perihal lainnya.

PT KAI memberikan fasilitas pengubahan jadwal keberangkatan kereta sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya tidak sembarangan perubahan jadwal ini dilakukan melainkan dengan kondisi tertentu. Salah satunya adalah perubahan jadwal juga dapat dilakukan pada kereta yang berbeda. Artinya jika sebelumnya Anda beli tiket kereta Argo Wilis misalnya, maka perubahan dapat dilakukan pada jenis kereta yang berbeda dan dengan jadwal yang tidak sama pula.

Perubahan hanya dapat dilakukan selama ada tempat duduk yang tersedia

Boleh jadi alternatif pilihan transportasi selama liburan ada berbagai macam. Dari pesawat, bus hingga kapal laut. Namun sampai saat ini kereta api menjadi pilihan transportasi liburan yang aman, cepat dan lebih murah. Tidak heran jika semakin hari kebutuhan terhadap tiket kereta semakin bertambah. Banyak orang yang melakukan perjalanan lebih memilih tiket kereta dibandingkan yang lain. Untuk itulah sama sekali tidak mudah mendapat satu tiket kereta di musim liburan.

Dengan kondisi peminat yang terus semakin banyak, perubahan jadwal kereta yang telah Anda pesan harus memperhatikan banyak hal. Salah satunya Anda harus memikirkan ketersediaan kereta pengganti pada jadwal baru yang Anda inginkan. Bisa jadi ketersediaan kursi pada jadwal yang Anda inginkan penuh. Jika hal tersebut terjadi, maka perubahan jadwal tidak dapat dilakukan. Untuk itu perubahan jadwal tiket ini ditentukan ada atau tidaknya kursi kosong pengganti dari kereta baru.

Maksimal 60 menit sebelum berangkat

PT KAI dalam hal ini sebagai penyedia tiket kereta ke seluruh kota yang ada di Indonesia, memiliki kebijakan khusus dalam cara pesan tiket kereta api online. Kebijakan ini untuk memastikan proses pemesanan tiket berjalan dengan baik dan benar. Meski tingkat persaingan untuk mendapatkan tiket ini semakin tinggi, namun PT KAI telah menjamin kemudahan penumpang dalam pemesanan tiket. Demikian pula saat terjadi perubahan jadwal, juga telah disediakan kebijakan khusus.

Terutama mengenai waktu pembatalan atau perubahan jadwal keberangkatan. Perubahan jadwal keberangkatan tidak dapat dilakukan sembarangan. Memang mudah dilakukan, namun PT KAI membatasi waktu perubahan dilakukan maksimal 60 menit sebelum berangkat. Anda harus memastikan selambat-lambatnya satu jam sebelum berangkat untuk melakukan perubahan jadwal. Ketentuan ini sendiri telah diinformasikan pada boarding pass.

Dikenai biaya 25% dari harga tiket

Biaya administrasi dikenai untuk pembatalan tiket kereta. Apakah mengubah jadwal tiket juga tetap akan dikenai biaya? PT KAI memberikan kebijakan bahwa mengubah jadwal keberangkatan tiket kereta akan dikenai biaya administrasi. Penumpang dalam hal ini pemilik tiket harus dikenai biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Jika harga tiket Anda adalah 350 ribu rupiah, maka biaya administrasi yang harus Anda tanggung adalah 25% dari 350 ribu rupiah.

Itu berarti Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 87.500. Biaya ini juga dikenakan di luar dari biaya pesan tiket kereta yang telah Anda lakukan. Jika Anda melakukan pengubahan jadwal tiket kereta api tidak sesuai dengan ketentuan, semisal lebih dari waktu maksimal yang ditentukan, bisa jadi tiket tidak dapat diubah. Sehingga Anda harus rela menggunakan tiket yang sama dengan jadwal yang telah Anda pesan sebelumnya.

Membayar selisih harga, jika tiket baru lebih mahal

Selain dikenai biaya administrasi, mengubah jadwal tiket kereta dapat juga dikenai biaya lainnya. Hal ini terjadi jika ada selisih harga antara tiket yang Anda beli sebelumnya dengan tiket baru. Misalnya Anda memesan harga tiket kereta api ekonomi sebelumnya sebesar 100 ribu rupiah, sementara setelah jadwal tiket diubah menjadi kelas executive menjadi 250 ribu rupiah, maka selisih biaya harus Anda tanggung. Yakni sebesar kekurangan, 150 ribu rupiah semisal.

Dengan adanya kebijakan pembayaran tambahan selisih tarif ini, diharapkan setiap penumpang yang membeli tiket kereta online, telah merencanakan jadwal keberangkatan dengan baik. Jadwal yang telah terencana akan memastikan Anda terhindar dari memundurkan keberangkatan. Perubahan jadwal tiket kereta juga dapat dihindari. Anda juga tidak harus membayar biaya administrasi atau justru selisih tarif tiket yang ada.

Tidak ada pengembalian selisih biaya, jika harga tiket baru lebih rendah

Kebijakan ini justru kebalikan dari kondisi pemesanan tiket kereta sebelumnya. Pada kondisi ini, Anda akan mengalami kerugian karena adanya selisih harga pada tiket lama dan baru tidak dikembalikan oleh PT KAI. Misalkan Anda sebelumnya telah memesan tiket bisnis jurusan Surabaya seharga 350 ribu rupiah. Ternyata Anda harus memundurkan dan mengubah jadwal sehingga mendapat kursi ekonomi Surabaya seharga 100 ribu rupiah.

Dengan kondisi selisih harga ini, Anda harus menelan kerugian dengan tidak kembalinya perbedaan biaya tersebut. Selisih tiket lama dan baru adalah 150 ribu rupiah, dan tidak dapat dikembalikan oleh pihak PT KAI. Untuk meminimalkan kerugian selisih biaya pemesanan tiket lama dan baru ini, Anda dapat menyiasatinya dengan merencanakan jadwal keberangkatan dengan tepat. Sehingga jadwal keberangkatan tidak harus diubah.

Perubahan jadwal tidak dapat dilakukan secara online melainkan melalui loket manual

Pembelian tiket kereta sendiri dapat dilakukan secara online. Sayangnya untuk mengubah jadwal keberangkatan, apakah memajukan atau memundurkan, tidak dapat dilakukan secara online. Anda hanya dapat melakukan perubahan jadwal keberangkatan tiket pada loket stasiun. Formulir pengajuan perubahan jadwal tiket ini juga tidak bisa Anda dapatkan di sembarang loket, melainkan hanya di stasiun besar yang ditunjuk PT KAI.

Selain itu waktu pengajuan formulir ini dibatasi pada jam-jam tertentu. PT KAI sendiri membatasi pengajuan perubahan jadwal ini setiap hari pada loket khusus, mulai dari jam 09.00 sampai dengan 16.00, tepatnya saat loket mulai dibuka. Bagaimana dengan Anda yang ingin berangkat pagi buta atau saat malam hari? PT KAI tetap mengharuskan perubahan jadwal tiket kereta api online yang Anda pesan sebelumnya, dilakukan pada jam yang telah ditentukan.