Tak dipungkiri lagi, bahwa naiknya pengguna jasa website dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat secara umum. Dibanding menonton televisi dan mendengarkan radio, mereka lebih suka berselancar di internet. Sebelum ketinggalan, tangkap tren tersebut dengan segera membangun website demi kemajuan bisnis Anda. Apa saja manfaatnya?

  1. Bisa Meningkatkan Nilai Brand Bisnis Anda

Konsumen sekarang lebih menyukai suatu produk bermerek ketimbang hanya polosan. Brand adalah identitas dari bisnis yang Anda geluti. Dengan membangun website, maka pesona brand bisnis Anda lebih terpancarkan. Kapan saja pelanggan ingin menyimak update informasi terbaru terkait brand Anda, tinggal masuk ke website.

  1. Bisa Terhindar dari Persaingan Harga yang Tak Sehat

Saat ini, baik untuk bisnis jual barang secara offline maupun online, tengah menghadapi senjakala. Telah terjadi persaingan harga yang tak sehat dan membuat para pemainnya harus rela banting-bantingan harga. Dengan memiliki website sendiri, secara langsung Anda menghadirkan diferensiasi yang kuat. Dengan nilai plus ini, Anda bisa terhindar dari persaingan harga yang tak sehat itu.

  1. Memiliki Database Sendiri

Ini yang paling krusial ketika memiliki website sendiri untuk kepentingan bisnis. Sebab, jika Anda hanya memanfaatkan media sosial atau marketplace, database milik konsumen tak masuk ke kantong pribadi. Dari data itulah Anda bisa gunakan untuk kepentingan promosi atau marketing demi menghimpun lebih banyak lagi pengunjung plus lead yang masuk.

  1. Bebas Mengeksplorasi

Jika memiliki website, terutama yang self-hosted, maka kebebasan mutlak milik Anda. Anda tinggal menggunakan jasa website untuk meningkatkan website dari segi tampilan maupun performa. Sedangkan pengembangan konten bisa Anda lakukan sendiri. Berbeda jika Anda masih menggunakan sub-domain dari Blogspot maupun WordPress.

  1. Lebih Bersifat Dinamis dan Adaptif

Dulu, ketika pemanfaatan website masih jarang, konten yang hanya berupa tulisan saja sudah mendatangkan banyak pengunjung. Sekarang berbeda. Harus ditambah dengan konten lain seperti foto, video, podcast, studi kasus, dan lain-lain. Website tidak hanya sebagai buku, melainkan platform yang menghadirkan interaksi antara pengunjung dengan konten itu sendiri.

  1. Bisa Menjadi Role Model untuk Bisnis Orang Lain

Sudah banyak website milik pebisnis Tanah Air yang menginspirasi banyak orang. Saat membangun bisnis itu sebaiknya ditujukan untuk membantu kebutuhan atau masalah orang lain. Dengan jalan itulah orang lain akan balik respect terhadap Anda. Abaikan ego untuk menghimpun keuntungan sebanyak mungkin demi diri sendiri.

  1. Bisa Digunakan untuk Membangun Jaringan

Tak dipungkiri, bahwa dalam bisnis modern, faktor “partnerships” sangat penting untuk dipertimbangkan. Semacam kolaborasi dalam satu bidang untuk memperoleh pengunjung sebanyak mungkin. Jadi, masing-masing pihak bisa saling berbagi pengunjung. Tentu jika keduanya harus memiliki reputasi yang setara dan sama baiknya lebih dahulu.

  1. Website adalah Bisnis Jangka Panjang

Saat baru bikin website, jangan berharap bisa menguntungkan hanya dalam waktu satu malam. Website terkenal milik Neil Patel sendiri butuh belasan tahun agar bisa populer. Sedangkan usaha untuk mempopulerkannya dilakukan setiap hari. Tapi dampak baiknya, untuk jangka panjang, website yang dikelola secara rutin bisa memajukan bisnis Anda.

  1. Berpotensi Mengalahkan Brand-Brand Besar

Apa masalah utama yang dimiliki oleh brand besar? Tidak lain soal penyesuaian diri dan minimnya kreativitas. Mereka masih menggunakan cara lama dalam berbisnis. Akibatnya, hanya salam kurun waktu beberapa tahun saja sudah tumbang oleh website baru yang berevolusi menjadi startup potensial.

Dengan adanya jasa website, tugas yang pelik saat membangunnya jadi lebih sederhana. Beban yang Anda pikul jadi lebih ringan. Anda hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis dan mencari alur revenue baru untuk memenuhi biaya operasional tersebut. Pastikan jalin hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang bertanggung jawab atas website Anda.