Bagaimana Cara Merawat Skuter yang Benar

  • 2 min read
  • Jul 13, 2019
mesin motor

Kita semua suka skuter kita, terutama ketika mereka baru dan berkilau dan berkinerja baik. Namun, seiring waktu kinerja skuter akan menurun dan kita mungkin akan mengalami skuter rusak jika kita tidak memeliharanya secara teratur.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda mempertahankan mesin motor skuter dan menjaganya tetap dalam kondisi sangat baik! Panduan ini dimaksudkan untuk skuter 2-Stroke 50cc tetapi umumnya berlaku untuk Skuter 4-Stroke dan Maxi juga.

Jaga Skuter Anda Bersih

Cuci SkuterAturan nomor satu untuk setiap kendaraan harus menjaga kebersihan perjalanan Anda. Tentu Anda bisa memoles dan wax itu tapi itu seharusnya tidak menjadi tugas yang harus dilakukan secara teratur.

Namun, menjaganya agar tetap bersih sangat penting untuk menghindari korosi dan penumpukan jahat lainnya pada skuter Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah selang air dan sabun. Pastikan untuk membersihkannya selengkap mungkin (di bagian luar) dan hindari terlalu banyak menyiram elemen mesin seperti airfilter, dll.

Salah satu aspek paling penting dari pembersihan adalah: Naiklah setelah selesai!  Ini sering dilupakan tetapi merupakan aspek penting saat membersihkan di rumah. Saat menyiram skuter Anda, air berakhir di bagian paling aneh skuter Anda. Dengan berkendara, udara segar membantu menguapkan air itu dan mencegah karat pada rangka dan mesin.

Periksa Tekanan Ban Anda

Tekanan ban penting untuk keselamatan Anda, tetapi juga membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan keausan ban. Tekanan ban perlu diterapkan sehubungan dengan berat skuter Anda, tetapi juga berat badan Anda dan potensi beban tambahan. Anda dapat merujuk ke manual skuter Anda untuk tekanan yang benar tetapi yang umum pada skuter 50cc adalah tekanan 2-2.2 bar.

Pasang kembali Bantalan Rem Anda

Ini harus pergi tanpa berkata. Selalu pastikan bantalan / sepatu Anda dalam kondisi baik dan tidak di bawah 1,5mm. Periksa setiap 5.000 km dan lebih sering tergantung pada gaya berkuda Anda!

Bagaimana cara Merawat Skuter yang Benar?

Pertahankan Filter Udara Anda

Filter udara memastikan bahwa mesin Anda diberi jumlah udara yang benar dan juga membantu menjaga udara ini bersih. Hampir semua filter udara menggunakan oli filter khusus untuk menjaga agar debu tidak keluar dari mesin Anda.

Pastikan untuk membilas filter udara Anda secara teratur dan oli filter jika perlu. Interval biasa merekomendasikan setiap 12 bulan atau 5000 km. Namun, saya merekomendasikan untuk melakukan ini setiap 6 minggu, tergantung jika Anda tinggal di daerah yang berdebu dan kering.

Catatan: Jika Anda menjalankan filter udara penyetelan mesh logam, oli tidak perlu diaplikasikan. Namun, perlu diingat untuk membersihkan filter udara jala ini secara teratur menggunakan alkohol dan air sabun. Filter udara mesh yang rusak harus diganti!

Bersihkan Dan Ganti Busi Anda Secara Teratur

Busi di mesin dua langkah adalah bagian performa tinggi, terutama ketika menjalankan mesin yang disetel, perlu dinyalakan lebih dari 10.000 kali per menit. Pastikan untuk memeriksa busi Anda secara teratur (setiap 500-1000 km) dan bersihkan menggunakan sikat logam.

Merekomendasikan penggantian busi pada mesin yang disetel setiap 1000-1500km untuk yang standar, dan setiap 2500-4000km untuk busi kelas tinggi (platinum / perak). Saat memeriksa busi Anda, cari tip berminyak karena ini berarti karburator Anda perlu disesuaikan.

Indikator lain misalnya mesin yang berjalan terlalu ramping adalah ujung yang agak putih. Ujung busi yang sempurna harus kering dan berwarna cokelat kemerahan.