Cara Melihat Pesan Whatsapp yang Telah Dihapus

  • Mikrodata
  • Dec 16, 2021

Tak bisa dipungkiri, selain aplikasi gb WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer saat ini. Jumlah pengunduhnya menjadi yang terbanyak di seluruh dunia, dibandingkan aplikasi serupa lain.

Penggunaan WhatsApp memang memudahkan proses komunikasi jarak jauh. Tak hanya mengirim pesan berupa teks, pengguna juga mengirim pesan suara, gambar, video, dokumen, dan lainnya.

Bahkan, seperti diketahui, WhatsApp juga bisa digunakan untuk panggilan telepon dan panggilan video tanpa harus mengurangi pulsa yang ada.

WhatsApp kini juga dilengkapi dengan fitur penghapus pesan. Jadi, pengirim bisa menghapus pesannya yang belum lama dikirim ke orang lain atau grup, jika dirasa kurang pas atau dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Namun, penerima pesan tentu dibuat penasaran dengan pesan yang dihapus. Atau bisa juga situasinya pengguna telah menghapus sebuah pesan dan ingin membaca pesan itu kembali. WhatsApp memang tak menyediakan fitur untuk mengembalikan pesan. Nah inilah cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus jika tidak adanya aplikasi gb Whatsaap:

1. Cadangkan Pesan di Google Drive

Salah satu fitur WA yang bisa digunakan oleh penggunanya adalah mencadangkan isi percakapan yang akan disimpan pada memori ponsel atau Google Drive. Fitur tersebut dapat digunakan untuk melihat pesan yang telah terhapus.

Caranya pun sangat mudah:

•    Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
•    Lalu, buka menu Setting atau Setelan.
•    Kemudian pilih opsi menu Chat > Cadangan Chat.
•    Terakhir, klik opsi Cadangan ke Google Drive dan klik opsi waktu percakapan Anda ingin dicadangkan.

Selain itu, Anda dapat memilih pencadangan secara otomatis untuk memudahkan proses ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih pencadangan video yang terdapat di bawah menu Cadangan Chat. Kemudian untuk menghemat kuota internet, Anda dapat memilih pencadangan menggunakan WIFI.

2. Melakukan Ekspor Chat

Fitur ini mungkin sangat jarang dipakai oleh Sebagian besar pengguna WhatsApp karena riwayat pesan tersaji dalam format.txt. padahal, fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan pesan percakapan yang telah dihapus. Namun, fitur ini harus dilakukan beberapa kali karena ekspor chat hanya dapat dilakukan untuk satu riwayat pengguna.

3. Uninstall dan instal kembali aplikasi WhatsApp

Pengguna bisa juga dengan uninstal kemudian instal kembali WhatsApp. Tenang, uninstal WhatsApp bukan berarti menghapus akun pengguna.

Setelah terpasang kembali, saat log in WhatsApp akan memberikan opsi Restore. Ketuk opsi tersebut agar semua percakapan kembali.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

•    Klik dan tahan ikon WhatsApp yang terdapat di menu ponsel.
•    Lalu pilih opsi Hapus Instalasi.
•    Kemudian buka Play Store dan unduh kembali aplikasi WhatsApp.
•    Ketika Anda akan melakukan login akun,WhatsApp akan memberikan opsi Restore.
•    Pilih opsi tersebut untuk mengembalikan seluruh percakapan Anda.

4. Menggunakan aplikasi Nova

Cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi ketiga yang Bernama Nova. Namun, untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus menggunakan aplikasi ini memiliki Batasan waktu yang kurang dari 68 menit.

Ikuti langkah-langkah berikut:

•    Unduh aplikasi Nova pada ponsel Anda.
•    Buka aplikasi tersebut dan pilih menu Pengaturan lalu ketuk pada Notification Log.  Langkah tersebut akan membuat pintasan Notification Log pada layar beranda Anda.

•    Selanjutnya, Anda bisa melihat isi pesan yang dihapus melalui pintasan tersebut.