Perut kembung memang memberikan rasa yang tidak nyaman ketika ingin melakukan kegiatan sehari-hari. Perut akan terasa begah dan membesar dan biasanya juga disertai dengan mual. Namun Anda tidak perlu khawatir saat mengalami masalah tersebut karena ada berbagai macam obat perut kembung alami dan aman serta ampuh untuk menyembuhkan penyakit tersebut tanpa harus berkunjung ke dokter.

Biasanya keadaan ini karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti magh, kekurangan enzim sampai dengan masuk angin. Penyakit ini juga biasanya terjadi karena adanya saluran pencernaan yang banyak terisi oleh gas secara berlebihan. Biasanya keadaan ini juga sangat dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari seperti makan yang berlebihan atau terlalu cepat, merokok, minum dengan memakai sedotan sampai dengan mengunyah permen karet secara terus menerus. Anda juga perlu tahu bahwa memakai gigi palsu yang terlalu longgar juga bisa menjadi salah satu timbulnya gejala tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips atau obat yang aman dan alami serta bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah atau gejala penyakit tersebut:

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan kembung pada perut. Jahe dipercaya mampu mengurangi kadar gas yang ada di dalam perut sehingga perut akan menjadi lebih lega dan hangat. Biasanya jahe dapat dikonsumsi secara langsung ataupun juga diparut terlebih dahulu serta diseduh dengan menggunakan air hangat atau teh hangat. Atau dengan cara lain Anda bisa menambahkannya di sayur atau jus yang Anda konsumsi.

  • Kunyit

Tanaman satu ini memang dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang perut seperti kembung salah satunya. Kunyit bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih tenang sehingga gas yang ada di dalam perut bisa keluar. Cukup dengan parut kunyit dan kemudian peras dan minum menggunakan air hangat.

Selain beberapa jenis obat alami di atas, daun mint selain memiliki aroma yang khas, ternyata juga memiliki manfaat yang mampu untuk mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut Anda. Kandungan mentol yang ada di daun mint mampu untuk memberikan efek antispasmodik yang ada pada saluran pencernaan. Selain itu dipercaya juga mampu memberikan efek yang tenang pada saraf. Anda bisa melakukannya dengan mengunyah daun mint tersebut secara langsung atau Anda tambahkan pada teh hangat.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kardio selama 5 menit. Kardio merupakan salah satu olahraga yang dipercaya dapat menyembuhkan kembung pada perut. Hal ini karena disebabkan oleh kardio yang dipercaya mampu untuk meningkatkan pernafasan, merangsang kerja otot serta saraf, meningkatkan detak jantung sampai dengan memberikan rangsangan pada usus sehingga dapat berkontraksi secara alami. Kondisi otot yang terdapat pada usus dan berkontraksi secara efisien akan membuat lancar pengeluaran makanan yang ada di dalam usus serta gas yang menjadi penyebab kembung pada perut.

Sampai saat ini memang sudah banyak sekali obat-obatan yang dijual di apotek bebas untuk mengobati kembung pada perut. Namun sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat apotek alangkah lebih baik bila Anda menggunakan cara-cara alami karena efek samping yang ditimbulkan tidak terlalu banyak dan lebih aman pastinya. Namun Anda juga perlu ingat jika perut kembung Anda berlangsung selama berhari-hari segera periksa dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang intensif sekaligus obat perut kembung yang sesuai dengan dosisnya.