Kebiasaan Menjaga Mata Ala SehatQ yang Mudah Dilakukan

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Menjaga Mata

Sudahkah kamu menjaga kesehatan mata dengan baik? Jika belum, mulailah untuk melakukan perawatan. Caranya tidak sulit, hanya perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil setiap harinya.

Khususnya bagi kamu yang memiliki pekerjaan rutin di depan komputer selama 8 jam lebih. Belum lagi kamu terus terusan dilihat layar smartphone di sela-sela waktu. Mata membutuhkan waktu untuk istirahat, supaya kamu tidak mengalami gangguan penglihatan. Apa saja kebiasaan yang bisa dilakukan?

Tips Menjaga Mata dengan Beberapa Kebiasaan Sederhana

Mata yang menjadi salah satu bagian dari tubuh juga bisa merasakan lelah. Apabila kesehatan mata tidak dirawat maka beberapa fungsi akan terganggu. Contoh paling nyata adalah penglihatan menjadi kabur sehingga kamu membutuhkan alat bantu kacamata.

Nah bagi kamu yang saat ini masih memiliki mata sehat, cobalah beberapa kebiasaan mudah yang bisa merawat mata supaya tetap bekerja dengan baik.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Baik untuk Mata

Nutrisi dalam makanan mampu menjaga kesehatan mata lebih baik. Apabila sebelumnya kamu tidak pernah memperhatikan asupan makanan, kini kamu perlu melakukannya. Beberapa jenis makanan yang bagus untuk mata sangatlah bervariasi.

Makanan tersebut harus mengandung vitamin A, C, dan E, asam lemak omega 3 dan juga karotenoid. Kandungan tersebut baik untuk mata sekaligus meningkatkan imun tubuh. Kandungan tersebut terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, dll.

  • Kenakan Kacamata Hitam Saat Bepergian Siang Hari

Punya aktivitas siang hari di luar yang sangat banyak? Kamu harus melindungi mata dengan mengenakan kacamata hitam. Kacamata ini mampu menghalangi sinar ultraviolet untuk langsung mengenai mata.

Paparan sinar uv yang terlalu sering lama kelamaan bisa menyebabkan penyakit diantaranya katarak, pterygium dan degenerasi makula. Di mana ketika penyakit tersebut dirasakan sulit untuk mengobatinya, bukan sekedar menggunakan kacamata minus atau plus saja.

  • Berhenti Merokok

Bukan hanya sinar uv saja yang harus dihindari oleh mata tetapi juga rokok. Jika biasanya rokok dikampanyekan berbahaya untuk paru-paru, perlu kamu ketahui juga bahwa kandungannya berbahaya bagi kesehatan mata.

Dampak yang diberikan juga tak jauh berbeda seperti sinar uv yaitu katarak sampai menimbulkan kebutaan. Penyebabnya adalah asap yang mengenai mata bisa menimbulkan kerusakan optik sehingga kerusakan pada retina sulit untuk dicegah.

  • Perhatikan Waktu Istirahat

Berapa jam sehari kamu mengistirahatkan tubuh terutama mata? Kamu mungkin asyik bekerja di depan komputer hingga mata terasa pedas dan panas. Jika hal tersebut diteruskan makan akan sangat berbahaya bagi penglihatan.

Kamu akan mudah lelah dan merasa pusing. Kebiasaan yang bisa diubah adalah mulailah untuk berhenti bekerja dan mengalihkan pandangan. Setiap 20 menit sekali cobalah dilihat objek yang jauhnya 6 meter, sehingga mata tidak akan menjadi tegang.

  • Rutin Memeriksakan ke Dokter Mata

Kebiasaan ini yang masih jarang dilakukan yaitu rutin periksa ke dokter. Padahal kebiasaan ini sangat penting untuk tahu bagaimana perkembangan kesehatan mata. Jangan hanya periksa ketika kamu mengalami keluhan pusing atau gangguan penglihatan lainnya.

Apalagi kini kamu bisa dengan mudah untuk mencari dokter mata terdekat melalui aplikasi atau website SehatQ. Tersedia direktori dokter yang akan memudahkan kamu membuat janji temu dengan dokter mata.

Melalui direktori ini kamu bisa memilih sendiri mana dokter terdekat untuk periksa mata. Tinggal pilih saja melalui filter yang telah disediakan. Kamu juga bisa menentukan hari dan kota tempat kamu tinggal saat ini.

Sangat mudah untuk menjaga mata dengan menerapkan kebiasaan sederhana ini dan tetap rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter spesialis terdekat.