Kenali Gejala Radang Sendi Pada Lutut

  • 2 min read
  • Jun 16, 2021
Gejala Radang Sendi Pada Lutut

Apa itu radang lutut? Radang sendi lutut, ini juga disebut sebagai penyakit osteoatritis, yang merupakan rasa nyeri umumnya menimpa area tempurung lutut, kemudian menjalar ke sendi lutut, ligamen, serta tulang rawan. Karena rasa nyeri tersebut bisa mengarah ke radang sendi ataupun disebut juga artristis. Dalam hal ini tidak sedikit orang yang mengabaikan rasa sakit di bagian lutut, tapi sebenarnya hal ini perlu diwaspadai.

Penyakit radang sendi lutut juga umumnya dipengaruhi oleh faktor usia seseorang. Maka semakin bertambahnya usia seseorang, risiko sendi lutut akan sering digunakan sehingga dapat meningkatkan risiko terkena peradangan tersebut. Pada usia muda juga seseorang dapat mengalami masalah ini karena beberapa alasan seperti misalnya faktor genetik, infeksi, cedera lutut, dan obesitas. Agar bisa mencegah kondisi yang lebih parah, kamu juga perlu mengetahui gejala dari radang sendi lutut agar bisa menghindarinya. Berikut diantaranya ada empat gejala yang dapat kamu deteksi.

1. Lutut Membengkak

Penyakit radang sendi lutut mempunyai gejala awal, diantaranya peradangan yang diiringi dengan penimbunan cairan akibat lutut juga membengkak. Bukan hanya membengkak, tapi kulit di area lutut akan memerah, kemudian ada rasa nyeri yang akan terasa saat menekan area yang bengkak, dan juga akan terasa hangat ketika disentuh.

Pada pembengkakan ini juga bisa dipicu oleh lutut yang tidak digunakan aktivitas dalam waktu lama seperti misalnya bangun tidur. Namun untuk kamu yang memiliki keluhan ini serta sudah berlangsung lama, ada baiknya kamu segera hubungi dokter karena akan sulit diatasi dengan obat anti radang saja.

2. Ada Suara Saat Lutut Digerakkan

Apabila lutut kamu bersuara ketika digerakkan, mungkin itu merupakan tanda bahwa sendi telah kehilangan tulang rawan yang sangat penting. Karena fungsi tulang rawan sendiri sebagai menghaluskan gerak tubuh. Jika suara yang muncul ketika menggerakkan lutut berarti sendi bergerak dalam permukaan yang sedikit kasar karena tidak lagi dibantu oleh tulang rawan yang mulai berkurang bahkan bisa menghilang. Oleh karena itu, pada kondisi ini menjadi salah satu penanda bahwa kamu juga mengalami radang sendi lutut.

3. Bentuk Lutut Berubah

Masalah radang sendi lutut juga bisa ditandai oleh beberapa perubahan bentuk di area lutut. Dalam perubahan bentuk tersebut juga bisa berupa cekungan yang bisa dikarenakan melemahnya otot di area lutut tersebut. Akan tetapi, banyak yang tidak menyadari adanya perubahan bentuk tersebut sehingga akhirnya peradangan pada sendi lutut juga bisa memasuki fase yang lebih parah lagi.

4. Sulit untuk Digerakkan

Kemudian gejala umum yang biasa dialami oleh penderita radang sendi ataupun osteoatritis yaitu adanya kesulitan bergerak. Karena ini akan terjadi pada penderita radang sendi lutut. Agar bisa menekuk atau berjalan saja akan terasa sangat sulit dilakukan. Pada kondisi ini juga disebabkan oleh tulang rawan yang sudah tidak lagi mampu berfungsi dengan optimal.

Dalam kondisi seperti ini juga bisa semakin memburuk, karena lutut akan semakin sulit bergerak bahkan parahnya tidak bisa digerakkan sama sekali. Hal ini hanya bisa dibantu dengan menggunakan alat bantu khusus seperti kursi roda ataupun tongkat, kemudian tubuh baru dapat bergerak kembali.

Apabila terdapat gejala radang sendi lutut yang cenderung berat, maka kamu juga perlu segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai dengan keluhan yang kamu miliki. Sesudah dilakukan pemeriksaan, maka selanjutnya akan ada penanganan lebih lanjut yaitu bisa berupa fisioterapi sampai operasi yang dapat mengobati masalah peradangan lutut yang kamu alami.