Ulang tahun pertama Si Kecil dapat menjadi salah satu momen terpenting dalam kehidupan Si Kecil dan Mamaa dan papa. Bagaimana bisa? Dia baru saja melewati fase bayi dan melewati masa kanak-kanak. Dalam beberapa tahun ke depan, Si Kecil akan memulai proses perkembangan anak yang sangat penting dalam masa transisi.

Tentu saja ada banyak perubahan yang akan terjadi dalam perkembangan Tumbuh Kembang anak 1 tahun. Si kecil lebih terlibat dengan Mama dan orang-orang di sekitarnya, memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar, dan lebih aktif dalam bergerak.

Proses tumbuh kembang yang dihidupkan setiap anak akan berlangsung unik. Ini karena setiap organ dalam tubuh kecil memiliki pola pertumbuhan yang berbeda dan dengan kecepatan yang bervariasi. Misalnya, pertumbuhan otak anak yang akan berjalan sangat cepat mencapai usia 6 tahun.

Setelah itu, otak Si Kecil akan terus berkembang dengan kecepatan lebih tinggi dari sebelumnya. Untuk mengetahui apakah proses tumbuh kembang anak Anda sesuai dengan pertumbuhan anak usia 1 tahun, Anda bisa melihat panduan berikut:

Berat dan tinggi (fisik)

Cara termudah dan paling mendasar untuk mengembangkan perkembangan anak adalah dengan melihat perkembangan fisik mereka. Secara umum, berat anak usia 1 tahun meningkat 3 kali lipat dari berat lahir. Jika Anda ingin menghitung, lihat perhitungan di sini. Cara menghitung tinggi normal seorang anak berusia 1 tahun adalah: 1,5 x tinggi saat lahir.

Keterampilan motorik

Kemamapuan motorik adalah kemamapuan Si Kecil untuk memindahkan bagian-bagiannya. Pada anak usia 1 tahun, perkembangan motorik ditandai dengan kemamapuannya untuk berdiri sendiri, membolak-balik buku, belajar bergerak, dan lainnya. Selain itu, salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan motorik 1 tahun anak adalah dengan melihat kemamapuannya makan sendiri.

Pada usia ini, si kecil harus bisa makan menggunakan jari-jarinya sendiri, meski jari-jari itu tidak sempurna dan masih rusak. Minimal, si kecil bisa memegang makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Sebagian besar anak-anak dapat makan menggunakan sendok pada usia ini.

Tips untuk menangani Tumbuh Kembang Anak 1 tahun

Proses perkembangan anak tumbuh Terutama oleh dua hal ini:

1. Nutrisi

Nutrisi diperlukan untuk mendukung pertumbuhan semua organ dalam tubuh kecil, terutama otak. Selain itu, nutrisi yang baik dan penting diperlukan untuk membangun dan memperkuat sistem kekebalan anak sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Jenis nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak usia 1 tahun adalah: lemak, lemak, asam lemak (AA, DHA, Omega 3, Omega 6), protein, kalsium, serat, vitamin A dan C.

Selain asupan makanan sehari-hari, berbagai nutrisi juga bisa didapat dari susu. Biasakan anak Anda untuk minum susu setiap hari sehingga ia bisa mendapatkan berbagai jenis nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Mama dapat memberikan S-26 Procal GOLD, pertumbuhan susu untuk memenuhi kebutuhan gizi anak usia 1-3 tahun. S-26 Procal GOLD dilengkapi dengan formula baru yang ditingkatkan MULTIEXCELTM yang dapat membantu mendukung kemamapuan belajar si Kecil Anda.

Temukan juga berbagai makanan sehat untuk mendukung pertumbuhan anak usia 1 tahun di sini. Selain makanan utama, Si Kecil juga bisa mendapatkan nutrisi penting lengkap melalui makanan sehat untuk anak berusia 1 tahun.

2. Stimulasi

Karena Si Kecil senang membahas berbagai hal di sekitarnya, Mama perlu memberikan stimulasi sesuai usianya. Memberi stimulasi ini akan sangat mempengaruhi perkembangan otak si Kecil. Stimulasi anggota bisa dengan mainan dalam berbagai bentuk, bentuk dan warna. Contoh: buku kain, bola warna-warni, mainan alat musik, dan lainnya.

Berikan stimulasi melalui percakapan alami antara Mama dan Si Kecil setiap hari. Agar efeknya menjadi optimal, Mama perlu dilakukan secara teratur atau berulang-ulang setiap hari. Jangan lupa, bersenang-senang bersama keluarga. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.