Mudahnya Menghitung Masa Subur Melalui Siklus Haid

  • 1 min read
  • Dec 14, 2020
Menghitung Masa Subur

Menghitung masa subur seorang wanita pada dasarnya tidak sulit, hanya membutuhkan beberapa teknik yang sudah biasa digunakan.  Antara lain, dengan menggunakan kalender masa subur atau kalkulator ovulasi. Dengan cara-cara tersebut atau beberapa cara konvensional, maka tidak ada kata tidak mungkin untuk mendapatkan anak melalui program hamil Anda. Sebelum itu, coba Anda cek terlebih dulu siklus menstruasi Anda seperti di bawah ini:

  1. Ingat Interval Tanggal Menstruasi 1 Bulan Lalu

Untuk periode haid 1 bulan yang lalu merupakan siklus terdekat yang Anda ketahui, sebelum Anda memulai program hamil. Lebih diperhatikan dan dicatat untuk periode haid yang terakhir ini, karena jika Anda berhasil melalui masa subur setelah periode ini maka kemungkinan untuk hamil sangat besar. Periode haid bulan terakhir ini sebagai penentu Anda menjalani masa subur Anda, dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan perkiraan.

  1. Ingat Interval Tanggal Menstruasi 2 Bulan Lalu

Menghitung masa subur dari periode haid 2 bulan yang lalu hanya dijadikan pedoman untuk menghitung rentang siklus menstruasi Anda, jika panjang atau pendek maka Anda bisa mengatur mana masa-masa paling subur dan waktunya cukup singkat hanya beberapa hari saja. Manfaatkan sela waktu tersebut dengan tepat, agar hasilnya pun tepat.

  1. Ingat Interval Tanggal Menstruasi 3 Bulan Lalu

Sedangkan, untuk periode haid yang berada pada 3 bulan sebelumnya berfungsi untuk melihat keteraturan siklus haid Anda setiap bulannya. Namun, untuk periode yang ini pada dasarnya sedikit banyaknya mempengaruhi peluang hamil tadi.

Oleh karena itu, jangan dianggap enteng. Periode siklus 3 bulan kebelakang ini, berpengaruh pada panjang pendeknya rentang masa subur Anda setiap bulannya. Solusi untuk masa subur Anda, deteksi menggunakan  kalender masa subur.

Begitulah caranya menghitung siklus masa subur Anda, dengan berpedoman pada catatan siklus haid setiap bulannya. Namun, semua catatan tersebut jangan sampai ada yang terlupa. Agar memaksimalkan menentukan masa subur, dan bisa mulai melakukan persiapan untuk program kehamilan tersebut. Terbukti, bahwa menghitung masa subur tidak sulit.