Peran Air Mineral Terbaik dalam Menjaga Kesehatan Mental

  • 2 min read
  • Jul 05, 2020
Air Mineral Terbaik Aqua

Mungkin sebagian besar dari kita, hanya minum air ketika diri telah merasa haus. Namun, ketika menyangkut kesehatan mental Anda, Anda mungkin ingin menjadi jauh lebih proaktif.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengonsumsi air mineral terbaik agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, tak hanya bagi kesehatan fisik, tapi juga bagi kesehatan mental.

Karena, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat berdampak signifikan pada suasana hati, energi, dan bahkan kemampuan Anda untuk berpikir jernih.

Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Kinerja Manusia University of Connecticut mengkonfirmasi serangkaian efek negatif yang dihasilkan dari dehidrasi termasuk “suasana hati yang menurun, meningkatnya persepsi kesulitan tugas, konsentrasi yang lebih rendah, dan gejala sakit kepala.” (1)

Faktanya adalah bahwa otak manusia terdiri dari sekitar 75% air. Dehidrasi memperlambat sirkulasi, yang menghasilkan lebih sedikit oksigen bepergian ke seluruh tubuh Anda – termasuk otak Anda. (2)

Para ilmuwan berpendapat bahwa dorongan haus adalah bagian dari sistem peringatan tubuh yang kompleks dan tidak boleh diabaikan bahkan pada tingkat ringan. Dehidrasi dapat merusak fungsi kognitif, pada tingkat ekstrim dapat menyebabkan delirium, tidak sadar dan bahkan koma. (1)

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa apakah seseorang berolahraga di treadmill selama 30-40 menit atau tetap dalam posisi diam – efek negatif dari dehidrasi ringan adalah sama.

Lawrence E. Armstrong, profesor fisiologi di Departemen Kinesiologi University of Connecticut , mengatakan, “Hasil tes ini menegaskan pentingnya tetap terhidrasi dengan baik setiap saat dan tidak hanya selama berolahraga, panas ekstrem, atau aktivitas.” (1)

Menurut Prof. Armstrong, dehidrasi mempengaruhi semua orang, dan tetap terhidrasi dengan baik sama pentingnya bagi mereka yang bekerja sepanjang hari di depan komputer seperti halnya bagi pelari maraton, yang dapat kehilangan hingga 8 persen dari berat badan mereka seperti air ketika mereka berkompetisi.

Uji coba melibatkan wanita dan pria sehat di awal usia 20-an yang mengalami serangkaian latihan yang dirancang untuk memicu dehidrasi.

Tak lama kemudian, para peserta mengambil serangkaian tes kognitif untuk mengukur pembelajaran, konsentrasi, waktu reaksi, dan memori. Peneliti membandingkan hasil tersebut untuk menguji hasil dari ketika peserta tidak mengalami dehidrasi.

Hasil di antara para wanita mengungkapkan bahwa dehidrasi ringan mengakibatkan kelelahan, sakit kepala, dan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi. (1)

Para pria mengalami tantangan dalam menyelesaikan tugas mental yang melibatkan kewaspadaan dan ingatan dan melaporkan contoh ketegangan, kecemasan, dan kelelahan.

Menurut psikolog Harris Lieberman, salah satu observan dalam penelitian, menjelaskan bahwa pada kedua jenis kelamin perubahan mood buruk ini dapat membatasi motivasi yang diperlukan untuk melakukan latihan aerobik yang moderat sekalipun (1)

Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya sebelumnya, tetapi agar tetap terhidrasi dengan baik, para ahli menyarankan agar kita minum delapan gelas air atau setara dengan sekitar 2 liter.

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua, anak-anak, dan individu dengan diabetes. Tubuh kita bekerja dengan cara yang cukup kompleks, dan kita harus mengambil pendekatan secara menyeluruh untuk memaksimalkan kesehatan tubuh dan mental kita.

Tetap terhidrasi dengan minum air mineral terbaik adalah hal yang sebenarnya sederhana, tetapi vital bagi kesehatan fisik, emosi, dan mental yang optimal. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.

Hal ini dilakukan untuk terus memberikan kebaikan air berkualitas secara konsisten dari sumber terpilih ke tangan Anda. Tak lupa, AQUA juga melestarikan sumber air dari hulu ke hilir. Oleh karena itu, AQUA mampu mempersembahkan kebaikan alam di setiap tetesnya kepada masyarakat Indonesia.

Source:

  1. https://www.mindbody7.com/news/2018/1/12/dehyrdation-affects-your-mental-health-more-than-you-think
  2. https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school/science/water-you-water-and-human-body