Sementara banyak orang melihat pendingin udara sebagai sesuatu yang tak ternilai, Perawatan yang tidak tepat dapat merugikan tidak hanya kesehatan mobil tetapi juga penghuni mobil. Setelah mempertahankan kendaraan mewah saja, banyak model saat ini, bahkan yang paling dasar dari jajaran produknya, memiliki AC, baik sebagai fitur yang berdiri sendiri atau sebagai bagian dari sistem kontrol iklim, Coba untuk Kursus AC mobil.

Keuntungan paling terkenal adalah kemampuan sistem untuk mendinginkan interior mobil dalam cuaca yang lebih hangat, tetapi pendingin ruangan juga mengurangi kelembaban kabin, memungkinkan jendela berkabut dibersihkan dengan cepat. Oleh karena itu, AC memiliki keuntungan keamanan yang cukup besar, terutama selama bulan-bulan musim dingin.

Karena kemampuannya untuk menghilangkan kelembaban, pendingin udara sangat berguna untuk mendefog kaca interior dan untuk melembabkan interior

Kontrol iklim

Kontrol iklim bergantung pada pendingin udara, yang biasanya diaktifkan secara otomatis. Fungsi utama AC adalah untuk memindahkan panas dari dalam kabin ke eksterior kendaraan. Inti dari semua sistem modern adalah refrigerannya, R134a, yang digunakan hampir setiap mobil baru dan bekas pada saat penulisan. Selain dari bahaya fisik, seperti radang dingin yang parah, R134a juga berbahaya bagi atmosfer, itulah sebabnya penggemar DIY tidak boleh mencoba mengeluarkan sistem pendingin udara di rumah.

Pipa pendingin udara

Jangan pernah melepaskan pipa apa pun dari sirkuit pendingin udara, tanpa harus mengevakuasi gas terlebih dahulu oleh spesialis pendingin udara yang disetujui. Semua sistem bergantung pada prinsip Latent Heat of Evaporation untuk bekerja. Pindah dari buku sains ke bawah kap, komponen utama tetap sangat mirip untuk sebagian besar mobil. Ketika sistem pendingin udara yang aktif diaktifkan, Anda harus mendengar bunyi klik yang berasal dari dalam ruang engine, yang mana kompresor sistem sedang diaktifkan.

Ini menekan refrigeran ke kondensor , yang terlihat mirip dengan radiator mobil dan diposisikan di bagian depan kendaraan, di mana titik refrigeran melepaskan panasnya dan mengembun dari gas menjadi cairan. Kelembapan apa pun yang bisa membeku dan menyebabkan kerusakan dihilangkan dari refrigeran oleh penerima / pengering.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Mejaga AC Mobil?

Cairan kemudian memasuki katup ekspansi , di mana cairan bertekanan meteran, pada tekanan rendah, saat memasuki evaporator , yang terletak di belakang dashboard. Saat tekanan turun, cairan mendidih (R134a melakukannya pada suhu sekitar -25 derajat Celcius), sehingga mendinginkan permukaan luar evaporator dengan cepat, yang berarti bahwa setiap udara yang bertiup di atasnya juga akan melepaskan panasnya. Gas kemudian beralih ke kompresor lagi dan siklus diulang.

Kompresor digerakkan oleh mesin melalui sabuk. Bagian internalnya hanya ditenagai ketika kopling integral diaktifkan oleh panel kontrol atau menghidupkan fasia.

Kondensor terlihat mirip dengan radiator mobil dan beberapa jenis memiliki unit penerima / pengering terpisah yang dibangun di samping unit utama. Semua hal di atas menjelaskan bagian ‘tertutup’ dari sistem. Bagian ‘terbuka’ ada di belakang dashboard mobil, terutama terdiri dari kipas peniup yang memaksa udara hangat di atas tubuh evaporator, sebelum udara yang sekarang dikondisikan keluar dari lubang fasia.

Namun, karena udara yang masuk didinginkan dari belakang rakitan dasbor, uap air kemungkinan akan terbentuk dan sistem ventilasi mobil karenanya memiliki sarana drainase, yang memungkinkan kelebihan air keluar ke jalan. Jika Anda menghentikan mobil setelah lama berjalan di hari yang panas dan melihat genangan kecil atau tetesan air terbentuk di bawah kendaraan, kemungkinan itu berasal dari sistem ventilasi dan sangat normal.

Air-con otomotif bekerja dengan cara yang mirip dengan kulkas atau freezer rumah tangga. Namun, sementara lemari es adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling dapat diandalkan, AC, ironisnya, adalah salah satu komponen mobil yang paling rapuh. Jika pendingin ruangan tidak digunakan dalam waktu lama, dapat menyebabkan kebocoran atau kompresornya dapat menyatu. Ungkapan ‘gunakan atau hilangkan’ adalah relevan.