Ketika pasang kawat gigi, kamu tentu ingin mendapatkan hasil yang maksimal sekaligus tanpa kesalahan sedikitpun, kan? Kalau sudah salah dari awal, tentu hasil yang didapat tidak akan sesuai dengan keinginanmu sekaligus bisa merugikanmu di kemudian hari. Untuk itu, ketika memasang kawat gigi, ada baiknya kamu melakukan beberapa tahapan wajib berikut ini, check it out:

  1. Konsultasikan dengan dokter. Sebelum berencana untuk memasang kawat gigi, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang berkompeten menangani pemasangan kawat gigi. Dengan begitu, kamu jadi tahu bagaimana sebenarnya bentuk gigi, apa behel yang bisa dipakai untuk gigi kamu, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merapikan gigimu. Apabila tidak melakukan ini semua, tentu hasil yang maksimal tentu sulit untuk kamu dapatkan.
  2. Memasang kawat gigi untuk gigimu. Setelah kamu melakukan konsultasi dengan dokter, tibalah saatnya kamu memasang kawat gigi tersebut. Kawat yang dipasang tentu sudah menyesuaikan dengan kondisi gigimu. Misal, kalau kamu memiliki gigi gingsul tentu kawat gigi yang cocok digunakan adalah yang berbahan metal, damon metal, dan damon clear. Atau, jika gigimu berjejal, pastinya kawat yang harus digunakan adalah transparan, damon metal, metal, dan sebagainya.
  3. Rutin mengontrol kawat gigi. Apabila kamu sudah memasang kawat gigi tersebut, jangan sampai lupa untuk rutin mengontrol gigimu ke dokter. Biasanya, untuk yang memakai kawat berbahan dasar metal ataupun ceramic, waktu terbaik memeriksanya adalah 3 – 4 minggu sekali. Sedangkan, untuk bahan damon kontrolnya minimal 4 – 5 minggu sekali. Tujuannya, agar kawat yang kamu pakai tidak menunjukkan masalah serius nantinya.
  4. Pasca perawatan kawat gigi. Jika kamu selesai melakukan perawatan kawat gigi, maka biasanya dokter akan melepaskan kawat tersebut dari gigimu. Nah, supaya gigimu tidak kembali berantakan, disarankan untuk mencoba metode retainer. Atau, kalau mau, kamu pun bisa memanfaatkan produk terbaru yakni clear aligner dari Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Produk yang ditawarkan ini akan membantu kamu meratakan gigi karena penggunaan cetakan gigi transparan dengan yang dibuat dengan teknologi canggih terbukti ampuh untuk meratakan gigi. Di samping itu, produk ini pun cocok untuk kamu yang tidak ingin terlihat memakai kawat gigi. Menarik, sekali bukan?

Itu dia tahapan yang harus dilalui jika kamu ingin memasang kawat gigi untuk gigimu. Jangan hanya ikut-ikutan gaya dan kamu malah mengabaikan semua prosedur yang harus dilakukan di atas. Semoga bermanfaat!