Tips Mengendarai ATV Ride untuk Pemula

  • Mikrodata
  • Jan 19, 2023

Sejak diperkenalkan ke publik beberapa dekade lalu bali atv ride tour semakin populer. Mereka sangat menarik bagi pengendara sepeda motor karena jumlah kegembiraan yang mereka rasakan saat berkendara. Banyak orang menganggap bahwa semua anggota keluarga dapat menikmati sensasi mengendarai ATV. Namun kekurangannya, lebih banyak orang terluka saat mengendarai ATV daripada olahraga rekreasi luar ruangan lainnya. Jika Anda mulai tertarik dengan ATV, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Langkah pertama adalah pergi ke jalan setapak dengan seseorang yang berpengalaman dengan ATV. Yaitu seseorang yang benar-benar ahli dalam mengendarai ATV, sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda benar-benar tertarik untuk mendapatkannya. Setelah Anda yakin Anda menyukainya, pergi dan pilih kendaraan Anda. Mulai detik ini, itu bukan lagi undang-undang, tetapi orang-orang dengan ukuran tertentu disarankan untuk menggunakan ATV dengan ukuran tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki seorang putra dan beratnya 85 pon, jangan mencoba mencari mesin 800 atau 900cc untuk menggantungnya. Coba pasang di mobil 440 atau 600cc. Ini lebih sesuai dengan sesuatu yang bisa ditanganinya. Juga, pastikan Anda dipasang di mobil yang tepat.

Saat Anda menjadi terbiasa dengan olahraga, Anda akan berbicara dengan orang-orang yang memiliki panutan yang berbeda dan Anda mungkin menemukan diri Anda terus-menerus mencari “hal terbaik berikutnya”. Setelah membeli mesin pertama Anda, Anda pasti akan mengambil kursus keselamatan. Kursus biasanya dibagi menjadi tiga atau empat minggu, berlangsung dua setengah jam per malam seminggu sekali. Anggap mereka pantas mendapatkan waktu dan uang Anda. Beberapa kursus juga diakhiri dengan instruktur yang memimpin kelas di jalan setapak. Kursus ini tidak wajib, tetapi kemungkinan besar suatu hari nanti!

Selanjutnya Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk duduk di malam hari dan membaca buku petunjuk manual pengguna. Ingatlah bahwa setiap ATV berbeda, jadi jika ada label atau bagian yang tidak Anda ketahui, satu-satunya jawaban nyata yang akan Anda temukan adalah di manualnya. Oh ya … ketika Anda pergi di jalan setapak, pastikan untuk membawa buku panduan pemilik. Jika Anda membeli mesin bekas dari tetangga atau orang lain, Anda bisa mendapatkan salinan manual pemilik dengan menghapus nomor seri dari mesin dan pergi ke dealer.

Hal berikutnya yang ingin Anda lakukan adalah keluar dari jalur dan berlatih. Ini benar-benar satu-satunya cara untuk belajar mengendarai ATV. Tentu saja, Anda selalu ingin memastikan bahwa Anda memiliki izin dari pemilik tanah! Pada awalnya, pastikan Anda melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan Anda mengemudi dengan bijaksana. Berkendara dengan orang yang berpengalaman. Seperti olahraga lainnya, Anda hanya menjadi lebih baik dengan bersepeda bersama orang-orang yang lebih baik dari Anda. Berkendaralah dengan orang yang memiliki cukup banyak pengalaman. Selain itu, tidak peduli seberapa aman Anda, saat memulai, pastikan Anda selalu mengemudi di bawah pengawasan seseorang yang dapat memandu Anda. Dengan kata lain, jangan pernah mengemudi sendirian!

Memakai Peralatan Lengkap

Langkah pertama yang harus Bro lakukan adalah memakai peralatan lengkap. Berkendara ATV di hutan jauh lebih sulit dibandingkan di jalan raya. Hal ini dikarenakan medan yang lalui jauh lebih berwarna seperti jalanan berlumpur, berair, dan naik turun. Medan itu pasti akan menyulitkan Bro untuk mengendalikan ATV dengan baik dan benar. Agar Bro bisa menikmati keseruan bermain ATV di hutan, pastikan bahwa Lo memakai peralatan ATV dengan lengkap. Pakailah helm full face dengan adanya visor dan pelindung siku.

Mengikuti Pelatihan ATV Di Dalam Hutan Terlebih Dulu

Ada baiknya Bro sudah mengikuti latihan ataupun training bermain ATV di dalam hutan. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kontur jalan dan medan hutan itu sendiri. Lo akan lebih mudah bagaimana cara mengendarai ATV di hutan dan menaklukkan setiap tantangan yang ada. Pelatihan ini juga memiliki tujuan untuk mengoperasikan ATV dengan benar di dalam hutan. Tak ada salahnya Lo mengikuti kursus pelatihan tersebut.

Menjaga Kecepatan ATV

Menjelajahi hutan dengan ATV terasa lebih berat karena medannya yang berlumpur dan kontur jalan naik turun. Seperti yang ada di dalam video diatas. Kontur jalan di dalam hutan amat sulit dengan kondisi berair, becek, dan berlumpur yang bisa membuat ATV terjebak di dalam jalanan seperti itu. Lo juga harus menjaga kecepatan ATV. Kendaraan ini dirancang sesuai dengan kecepatan tertentu. Jangan sampai Lo memacu kendaraan ini melebihi batas yang ditentukan. Pastikan Bro bisa menyesuaikan kecepatan ATV dengan kondisi dan medan di dalam hutan.

Hindari Atraksi Freestyle di Medan Sulit

Langkah terakhir yang perlu Lo lakukan adalah menghindari atraksi freestyle saat menjelajahi hutan. Atraksi ini bisa dilakukan dengan kondisi sekitar yang mendukung. Dan, ini hampir mustahil dilakukan di hutan yang penuh pepohonan dan jalanan yang berlumpur.

Related Post :