Rumah sewaan adalah salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas tetapi ingin tinggal di area perumahan yang terasa seperti milik Anda. Berbeda dengan rumah kos, rumah sewaan menawarkan privasi lebih karena Anda memiliki hak untuk menggunakan fasilitas properti hunian lengkap tanpa perlu berbagi dengan penghuni lain.

Seperti ketika menyewa rumah, banyak pertimbangan yang perlu dilakukan agar Anda bisa memilih Sewa Rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Bagi Anda yang berencana pindah ke rumah sewaan, Kania memiliki beberapa tips yang perlu Anda terapkan, Anda harus bisa tetap nyaman dan aman.

Siapkan Anggaran untuk Rumah Sewa

Di Indonesia, rumah sewaan umumnya menawarkan dua sistem pembayaran, yaitu per bulan dan per tahun. Silakan pilih Sewa Rumah Jakarta Selatan yang memiliki anggaran sewa paling cocok saat mendanai rencana jangka panjang Anda.

Jika Anda pindah ke rumah sewaan karena Anda sedang membangun rumah di tempat tinggal permanen jangka panjang, maka biarkan Anda memilih sistem pembayaran per bulan. Berbeda memilih jika Anda memilih untuk tinggal di rumah sewaan untuk jangka panjang, lebih baik memilih untuk meminta pembayaran per tahun karena total biaya yang dikeluarkan jauh lebih ekonomis.

Periksa Lokasi Rumah Sewa

Idealnya, pilih rumah kontrakan yang membahas tempat kegiatan rutin, misalnya bekerja atau kampus. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu bepergian untuk pergi ke tempat aktivitas, disarankan untuk menambah biaya transportasi umum atau menghabiskan bensin setiap waktu.

Bahkan jika Anda bekerja di rumah, Anda masih kehilangan lokasi berbagai fasilitas umum, seperti tempat ibadah, ATM, sekolah, pasar, rumah sakit, untuk menyamai rumah sewaan.

Periksa kondisi rumah kontrakan

Selain menawarkan beberapa pembayaran, unit perumahan juga berbeda. Apakah dilengkapi atau tidak, Anda harus memeriksanya secara rinci. Gunakan untuk dokumentasi penampilan interior sebelum dan sesudah ditempati untuk memberikan bukti persyaratan fasilitas.

Bagaimana Cara Memilih Sewa Rumah Jakarta Selatan yang Baik?

Tidak hanya itu, Anda juga harus secara proaktif meminta persyaratan dan aturan yang berlaku untuk rumah sewaan. Anda dapat bertanya kepada penyewa tentang fasilitas apa yang dapat digunakan dan batasan apa pun yang dikenakan, mengingat ada beberapa rumah yang memiliki persyaratan seperti membawa hewan peliharaan, tidak merokok, atau menggunakan mesin kendaraan pada larut malam.

Kontrak Persetujuan Kontrak Persetujuan

Adanya surat persetujuan kontrak akan memberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak, baik penyewa maupun pemilik unit rumah sewaan. Jika Anda mendapatkan tempat yang memiliki surat perjanjian, tanyakan dengan hati-hati tentang setiap poin yang disetujui, bukan salah satu poin yang harus Anda hindari secara sepihak.

Persiapan Perabot Rumah Sewa

Sementara Anda tinggal di rumah sewaan yang menawarkan fasilitas lengkap, ada yang sederhana, lemari pakaian, kasur dan kursi saja. Untuk itu, Anda yang berencana pindah rumah, dapatkan bantuan yang dibawa pulang untuk mendukung aktivitas Anda saat di rumah, seperti televisi, kulkas, peralatan masak dan makan, peralatan kamar mandi, tempat tidur seperti sprei, hingga elemen dekoratif seperti gorden.

Sementara itu, jika Anda tinggal di rumah sewaan bersama keluarga, Anda dapat menggunakan mesin cuci karena biaya yang dikeluarkan untuk mencuci baju akan sangat membengkak. Bahkan jika Anda harus membayar biaya tambahan, barang elektronik yang Anda beli akan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama dan dapat dibawa ke tempat tinggal baru setelah masa kontrak berakhir.

Semua persiapan di atas bisa Anda lakukan sebelum memutuskan tinggal di rumah sewaan. Sesuai dengan rumah yang dipilih sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan tanpa perlu semua anggota keluarga.