Tutorial Memperbesar Ukuran JPG Foto 100% Berhasil

  • 2 min read
  • Feb 18, 2021
Memperbesar Ukuran Foto JPG dengan Aplikasi Paint

Ada yang bilang bahwa foto yang baik adalah foto yang memiliki resolusi yang bagus, dan untuk itu banyak orang yang berlomba-lomba dalam memperbesar ukuran jpg atau hasil foto yang mereka dapatkan harus memiliki resolusi yang besar sehingga gambar yang di hasilkan tidak kabur dan kurang jelas apalagi sampai pecah-pecah.

Kemudian misalnya foto yang kamu dapatkan dari hasil jepretan kamera, akan di kontekskan di ajang fotografi atau semacamnya, maka akan sangat tidak lucu kalau hasil foto kamu memiliki gambar yang tidak elok dan kurang jernih, sehingga kamu akan kehilangan kesempatan untuk memenangkan ajang fotografi tersebut.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu tentang cara memperbesar ukuran foto jpg, seperti yang akan saya berikan tutorial di bawah ini, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memperbesar ukuran foto jpg tersebut. Sehingga hasil dari foto tersebut bisa kamu ikut sertakan dalam kontes fotografi tersebut.

Cara Memperbesar Ukuran Foto JPG dengan Aplikasi Paint

Kamu bisa mengikuti cara yang pertama ini yang akan saya berikan dalam memperbesar ukuran foto jpg yaitu dengan bantuan aplikasi paint yang biasanya aplikasi ini sudah bawaan dari SO windows. Pasti kamu sudah tidak asing lagi denga aplikasi ini kan? Yaps, betul sekali aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang mudah untuk di gunakan untuk bisa memperbesar ukuran foto jpg yang kamu miliki, dan caranya juga sangat mudah sekali.

Sekilas aplikasi ini tidak menggambarkan sebuah aplikasi yang bisa di gunakan untuk memperbesar ukuran foto, karena tampilannya yang sangat sederhana dan hanya untuk di gunakan menggambar coretan-coretan saja di lembar kerjanya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi paint juga dapat di fungsikan untuk melakukan edit foto atau gambar lainnya. Dan berikut cara-cara yang bisa kamu ikuti agar bisa memperbesar ukuran jpg dari foto yang akan kamu edit.

  1. Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi paint tersebut, biasanya aplikasi ini tidak tersedia di desktop, untuk itu kamu harus mencarinya di mesin pencari di menu start, kemudian ketikan paint, maka akan muncul aplikasi tersebut.
  2. Jika kamu sudah berhasil membukan aplikasi paint tersebut, kamu harus pilih menu file untuk membuka dan memilih gambar atau foto mana yang ajan kamu edit perbesar resolusinya.
  3. Cara selanjutnya untuk bisa mengedit foto atau gambar tersebut, kamu harus melakukan pemilihan gambar atau foto mana yang akan kamu edit dengan cara klik “Resize”.
  4. Jika sudah melakukan klik di cara kedua, maka selanjutnya kamu bisa mengatur resolusi dari gambar yang akan kamu edit, dengan cara klik opsi “Pixel” kamu bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan kamu, semakin tinggi nilainya maka akan semakin besar resolusinya.
  5. Jika kamu berhasil mengikuti cara-cara di atas sesuai dengan yang saya contohkan, maka selanjutnya kamu sudah bisa menyimpan hasil proses dari memperbesar ukuran foto jpg tersebut. Cara menyimpannya juga sangat mudah, kamu tinggal klik “menu file” selanjutnya pilih “save as” dan pilih format JPG, selanjutnya kamu harus memberi nama file tersebut apa saja yang terpenting tidak sama dengan file yang lainnya.
  6. Selesai

Sangat mudah bukan, pasti kamu tidak menyangka bahwa aplikasi paint bisa di gunakan untuk mengedit dan memperbesar ukuran jpg foto atau resolusi pada foto yang telah kamu edit. Dan semoga kontes fotografi kamu berhasil dan bisa memenangkan ajang tersebut.